Text 2

Minggu, 13 Februari 2011

Sistem Penomoran atau Kode pada Dioda dan Transistor

Ada ribuan jenis dioda dan transistor. Ini memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan cara komponen itu dirancang dan dibuat. Beberapa mungkin dimaksudkan untuk aplikasi daya tinggi, seperti yang digunakan pada power amplifier, sedangkan yang lain mungkin dimaksudkan untuk aplikasi sinyal kecil dimana konsumsi arus yang rendah.
Jenis-jenis transistor mungkin diperlukan untuk aplikasi frekuensi radio. Karena ada sejumlah besar dari berbagai jenis transistor, setiap jenis diberi kode yang unik sehingga dapat diidentifikasi dan yang identik membeli. Dengan cara ini adalah mungkin untuk menentukan jenis tertentu dari transistor dengan menggunakan jenis nomor atau kode.Dengan cara ini ada sejumlah besar nomor yang berbeda untuk  perangkat banyak yang hampir identik. Segera menjadi jelas bahwa pendekatan yang lebih terstruktur diperlukan, sehingga perangkat yang sama dapat dibeli terlepas dari produsen.


Tiga skema penandaan Standar transistor adalah:
1. Joint Electron Device Engineering Council (JEDEC).
Coding Pertama Nomor Surat Kedua Nomor berikutnya 1 = Diode, 2 = Bipolar transistor, 3 = FET N Serial nomor dari perangkat Jadi adalah dioda 1N4148 dan sebuah 2N706 adalah transistor.
Ini mengambil bentuk: angka, huruf, nomor seri, [akhiran] dimana huruf selalu 'N' digit pertama adalah salah satu kurang dari jumlah kaki, (2 untuk transistor kecuali mereka lumpuh walaupun saya tidak yakin tentang 4 transistor berkaki mungkin mereka mendapatkan 3) kecuali untuk 4N dan 5N yang disediakan untuk optocouplers. Nomor seri antara 100-9999 dan menceritakan apa-apa tentang transistor kecuali perkiraan waktu  pengantarnya.
Tambahan akhiran menunjukkan penguatan (HFE) kelompok perangkat :
A = low gain (penguatan rendah)
B = medium gain (penguatan menengah)
C = high gain (penguatan tinggi)
Tidak ada akhiran = tidak ada group penguatan apapun. Lihat lembar data untuk penyebaran keuntungan aktual dan kelompok.
Alasan untuk pengelompokan penguatan adalah bahwa perangkat gain rendah fraksional lebih murah dibandingkan perangkat gain yang tinggi, menghasilkan penghematan bagi pengguna volume tinggi. Contoh-2N3819, 2N2221A, 2N904.

2. Japanese Industrial Standard (JIS).
Ini mengambil bentuk: digit, dua surat, nomor seri, [akhiran] Sekali lagi, angka adalah salah satu kurang dari jumlah kaki. Surat-surat menunjukkan daerah applicatin dan rasa perangkat sesuai ke kode berikut :
SA : HF transistor PNP,
SB : AF transistor PNP,
SC : HF transistor NPN,
SD : AF transistor NPN,
SE : Dioda,
SF : thyristor,
SG : Gunn perangkat,
SH : UJT,
SJ : P-channel FET / MOSFET,
SK : N-channel FET / MOSFET,
SM : Triac,
SQ : LED,
SR : Rectifier,
SS : dioda Sinyal,
ST : Longsor dioda,
SV : Varicaps,
SZ : Dioda Zener,
Nomor seri antara10-9999. Tambahan akhiran menunjukkan jenis disetujui untuk digunakan oleh berbagai organisasi Jepang.
CATATAN. karena kode untuk transistor selalu dimulai dengan 2S, kadang-kadang (Lebih sering daripada tidak ini nampaknya) dihilangkan begitu, misalnya, 2SC733 yang akan ditandai C 733. Contoh-2SA1187, 2SB646, 2SC733.

3. Pro-elektron.
Ini mengambil bentuk: dua surat, [huruf], nomor seri, [akhiran] Huruf pertama menunjukkan bahan :
A = Ge
B = Si
C = Gaas
R = senyawa bahan.
Tak perlu dikatakan sebagian terbesar transistor dimulai dengan B. Huruf kedua menunjukkan aplikasi perangkat :
A : RF Diode,
B : Variac,
C : transistor, AF, sinyal keci,l
D : transistor, AF, daya,
E : Tunnel diode,
F : transistor, HF, sinyal kecil,
K : Hall perangkat efek,
L : Transistor, HF, daya,
N : optocoupler,
P : Radiasi perangkat sensitif,
Q : Radiasi memproduksi perangkat,
R : Thyristor, rendah daya,
T : Thyristor, daya,
U : Transistor, daya, switching,
Y : Rectifier,
Z : Zener, atau regulator tegangan dioda.

Huruf ketiga menunjukkan bahwa perangkat ditujukan untuk industri atau profesional bukan aplikasi komersial. Hal ini biasanya W, X, Y atau Z. Nomor seriantara 100-9999. akhiran menunjukkan pengelompokan penguatan, seperti untuk JEDEC. Contoh-BC108A, BAW68, BF239, BFY51.

Selain JEDEC, JIS dan Pro-elektron, produsen sering memperkenalkan mereka jenis sendiri, untuk alasan komersial (yaitu untuk mendapatkan nama mereka ke dalam kode) atau untuk menekankan bahwa rentang milik aplikasi spesialis.
Khusus merek prefiks umum adalah :
M J: daya Motorolla, kotak logam,
MJE : daya Motorolla, kotak plastik,
MPS : Motorolla daya rendah, kotak plastik,
MRF : Motorolla HF, VHF dan transistor microwave,
RCA : RCA,
RCS : RCS TIP: Texas Instruments transistor daya (kotak plastic),
TIPL : TI planar transistor daya,
TIS : TI transistor sinyal kecil (kotak plastik,)
ZT : Ferranti,
ZTX : Ferranti Contoh-ZTX302, TIP31A, MJE3055, TIS43.

Banyak produsen juga membuat bagian khusus untuk OEM penggunaan volume besar. Bagian ini dioptimalkan untuk penggunaan di bagian tertentu dari sirkuit yang diberikan.Mereka biasanya hanya memiliki cap produsen dan nomor dilacak. Sering kali ketika sebuah perusahaan bangkrut, atau memiliki surplus pada akhir menjalankan produksi, transistor ini menemukan jalan mereka ke dalam kemasan hobi tawar-menawar.
Tidak ada cara yang Anda bisa melacak data pada perangkat ini, sehingga mereka hanya cocok sebagai driver LED, buffer, dll, di mana parameter yang sebenarnya tidak penting. Periksa dengan hati-hati sebelum membeli , identifikasi sesuai  lembar data. (www.qsl.net/yo5ofh/doc/transistor_codes.htm). (The Art of Electronics Paul Horowitz dan Winfield Hill amazon . Co.uk . Com).

Tidak ada komentar: